Sabtu, 08 September 2012

Dieng Plateau

DIENG PLATEAU
The Strange Beuaty Of Java,Indonesia


Nama Dieng berasal dari bahasa Sansekerta yaitu "di" berarti tempat dan "hyang" berarti dewa. Dieng keseluruhan dapat didefinisikan sebagai tempat para Dewa. Sementara warga mengatakan Dieng berasal dari "edi" yang berarti cantik dalam bahasa Jawa, dan "Aeng" yang berarti aneh. Dengan kata lain Dieng adalah tempat yang indah dengan banyak keanehan.




 

Terletak di ketinggian 2000 meter di atas permukaan laut, masyarakat Dieng harus bersyukur atas kelimpahan kekayaan yang dianugerahkan kepada tanah mereka yang indah dan eksotis. Candi Arjuna (Candi Arjuna) Kompleks yang merupakan candi Hindu tertua di Pulau Jawa masih berdiri tegak di tengah deraan waktu dan cuaca, sebagai bukti dari warisan budaya dari kekayaan yang luar biasa. Meskipun beberapa bagian candi mulai aus dengan usia, penyembahan Candi Siwa dibangun pada 809 AD masih berdiri kokoh memberikan perasaan damai di tengah-tengah keheningan alam pegunungan.



Cuaca dingin telah menyebabkan gaya berpakaian unik rakyatnya. Suhu siang hari berkisar antara 15-20 derajat Celcius sementara di malam hari antara 10 derajat Celcius. Pada bulan Juli dan Agustus suhu bisa mencapai 0 derajat Celcius di siang hari dan -10 derajat Celcius pada malam hari.Para warga mengambil keuntungan dari udara dingin untuk memaksimalkan pertanian mereka. Tanah berlimpah mereka diubah menjadi ladang untuk menanam berbagai sayuran dan buah-buahan. Komoditas utama adalah kentang dan kubis. Carica, pepaya khas Dieng yang berubah menjadi makanan lezat yang selalu diburu sebagai souvenir khas Dieng. Purwaceng, rumput liar yang tumbuh, berubah menjadi minuman bergizi untuk meningkatkan maskulinitas pria. Berbicara tentang kuliner, harus mencoba makanan Dieng adalah Kemul Tempeh lezat dan Mie Ongklok Wonosobo legendaris.


Dieng adalah wilayah vulkanik aktif dan dapat dikatakan sebagai gunung berapi raksasa. Plains terbentuk dari kawah gunung berapi yang telah mati. Bentuk kawah dapat terlihat jelas dari dataran pegunungan dengan klaster sekitarnya. Namun meskipun gunung api ini telah mati selama berabad-abad, beberapa kawah vulkanik masih aktif sampai sekarang. Di antaranya adalah Kawah Sikidang (Kawah Sikidang), yang selalu bergerak dan melompat seperti rusa "kidang" atau.Keunikan proses terbentuknya menghasilkan lanskap eksotis. Telaga Warna (Danau Colorful) yang mencerminkan warna hijau, biru dan ungu dan mempesona keindahan matahari terbit dari puncak Gunung Sikunir (Gunung Sikunir) adalah tempat-tempat yang tidak boleh dilewatkan begitu saja.Tanah dipercaya sebagai tempat Tuhan, aura mistis dan mitos masih diyakini oleh masyarakat adat banyak Dieng. Salah satunya adalah fenomena Anak gimbal (gimbal anak-anak). Untuk beberapa alasan banyak anak di wilayah ini tiba-tiba berubah menjadi berambut gimbal. Mereka lahir normal, seperti anak-anak lain, tapi kemudian mendapat demam tinggi mendadak dan tumbuh rambut gimbal di kepala mereka. Kebanyakan orang percaya bahwa anak-anak adalah decendent dari "pepunden" atau pendiri leluhur Dieng. Mereka kemudian harus melalui ritual potong, setelah permintaan mereka diberikan oleh orang tua. Ketika orang tua gagal mematuhi, rambut gimbal akan tumbuh lagi meski telah dipotong berkali-kali.



Dari Yogyakarta ke Dieng

Dieng terletak sekitar 116 km dari Yogyakarta. Untuk sampai ke Dataran Tinggi Dieng, Anda dapat menggunakan mobil pribadi atau mobil sewaan langsung ke Dieng dalam waktu 3,5 jam. Bagi Anda yang memilih transportasi bus, publik dan perjalanan (door to door minibus) yang tersedia untuk membawa Anda untuk mencapai Wonosobo. Setelah itu, perjalanan dilanjutkan dengan bus mikro-ke Dieng selama sekitar 1 jam. Pemandangan alam pegunungan hijau di sepanjang jalan akan memanjakan mata Anda dan menghilangkan kecemasan akan jalan menanjak yang terus-menerus memutar.Biaya perjalanan Yogyakarta - Dieng:

    
Yogyakarta - Wonosobo (oleh minibus): Rp 40.000
    
Wonosobo - Dieng (oleh mikrolet): Rp 8.000Catatan:Data yang diperoleh dari perjalanan pada bulan Oktober 2010. Halaman ini tidak selalu diupdate dan ada kemungkinan perubahan harga setiap saat.

Copyright © 2010 YogYES.COM



Jl.Kaliurang km 5,2,Sleman,Yogyakarta
Telp.0274545121/e-mail.khalistajogja@yahoo.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar